Kamis, 04 Juli 2019



Selamat datang kembali di BLACK MATH, di mana materi matematika akan diulas lebih dalam hingga bagian tergelapnya mueheheheh. Dimalam yang sunyi ini kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang persamaan linier. Materi kali ini adalah Sistem Persamaan Dua Linier. Yuk langsung aja yuk kita bahas.

Apa itu Persamaan Linier Dua Variabel?

Coba amati persamaan aljabar di bawah ini
Tampak bahwa persmaan-persamaan di atas terdiri dari dua buah variabel yang belum diketahui nilainya. Bentuk persamaan seperti itulah yang disebut dengan persamaan linier dua variabel. Sobat bisa menyimpulkan bahwa definisi persamaan linier dua variabel adalah:

“Persamaan yang hanya memiliki dua buah variabel dengan masing-masing variabel bereksponen satu.”

 Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)


Apa itu SPLDV? apa bedanya dengan persamaan linier dua variabel? Coba perhatikan persaman-persamaan berikut:

2x + y = 6
x + y = 5

*x dan y anggota bilangan cacah

dalam sistem peersamaan linier dua variabel akan ada lebih dari satu persamaan yang masing-masing persamaan mengandung dua jenis variabel yang sama. SPLDV akan memiliki himpunan penyelesaian yang nantinya harus memenuhi setiap persamaan dalam sistem teresebut. Misal dari SPLDV 2x + y = 6 dan x + y = 5 kita cari satu persatu penyelesaiannya maka akan ketemu

 Coba sahabat amati dari semua penyelesaian masing-masing persamaan ada penyelesaian yang memenuhi kedua persamaan di atas yaitu (1,4).

sekian untuk pembahasan kali ini sahabat hitamm... kita akan metode metode yang dipakai lain kaliii bhayyy..

Post a Comment: