Sabtu, 20 Juli 2019

Selamat datang kembali di BLACK MATH, di mana materi matematika akan diulas lebih dalam hingga bagian tergelapnya mueheheheh. Hari ini lumayan kelam ya sahabat hitam, daripada kita larut dalam kesedihan lebih baik kita melanjutkan pelajaran kita agar kita senang. Sekarang kita akan membahas tentang aritmatika sosial. yuk shabat hitam kita mulai saja

1. ARITMATIKA SOSIAL

Aritmatika sosial merupakan suatu perhitungan yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kegiatan jual beli atau kegiatan yang dilakukan oleh koperasi maupun bank yaiu kegiatan simpan pinjam. Dalam aritmatika sosial kita akan membahas penggunaan operasi sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan kegiatan jual beli tentu kita tidak akan terlepas dari yang namanya unung dan rugi, berikut penjelasan mengenai suatu keuntungan dan kerugian.

A. Keuntungan

Suatu jual beli dikatakan memperoleh keuntungan jika harga jual lebih besar dari harga beli atau harga jual melebihi harga modal.



B. Kerugian

Suatu jual beli dikatakan memperoleh kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga beli atau harga jual di bawah modal.
Rugi = Harga pembelian – Harga penjualan

C. Bruto, Netto, dan Tara

– Bruto merupakan berat kotor, artinya berat suatu barang beserta dengan
tempatnya/kemasannya.
– Netto merupakan berat bersih, artinya berat suatu barang setelah dikurangi dengan tempatnya.
– Tara merupakan potongan berat, artinya berat tempat suatu barang/kemasannya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa :
    Bruto = Netto + Tara
    Netto = Bruto – Tara
    Tara   = Bruto – Netto

D. Bunga Tunggal

Pengertian bunga yaitu imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan. Jadi bunga tunggal merupakan bunga yang dihitung berdasarkan modal awal atau pokok pinjaman.
Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa :
I = besarnya bunga
M = modal atau uang pokok
p = persen bunga aau tingkat bunga
t = jangka waktu atau periode

Post a Comment: