Minggu, 23 Juni 2019


Deret Aritmatika

Selamat datang kembali di BLACK MATH, di mana materi matematika akan diulas lebih dalam hingga bagian tergelapnya mueheheheh. (tapi ngga sekarang heheheh)
Apa kabar sahabat hitam, kali ini kita akan mengulas materi tentang deret aritmatika. Seperti materi materi sebelumnya materi ini juga pertama kali dipelajari saat SMP. Saat mempelajarinya kita semua bertanya Tanya “Untuk apa sih kita belajar hal seperti ini -_-?”. Untuk mengetahui itu mari kita mengulas materi ini… hayyukk sahabat hitam

Pengantar
Barisan dari aritmatika dapat di artikan yang artinya adalah susunan bilangan yang real dan membentuk pola tertentu. Kemudian arti dari deret aritmatika sendiri iyalah sebuah penjumlahan dari barisan aritmatika. Dan ciri – ciri umum nya dari barisan aritmatika yaitu mempunyai beda yang sama dari satu bilangan ke bilangan yang berikut nya. Contoh dari barisan aritmatika ialah seperti di bawah ini :
2 , 10 , 18 , 26 , 34 , 42 …..dan seterus nya
Dan barisan di atas mempunyai nilai beda yaitu 8 ( b = 8 ).

Selanjut nya akan kita bahas lebih dalam lagi soal rumus, barisan, dan deret dari aritmatika.

Barisan Aritmatika
Baris aritmatika      =>   a         a + b          a + 2b    a + ( n – 1 ) b
Beda                           =>        +b              +b
Pengertian dari barisan artimatika sendiri iyalah sebuah barisan dengan selisih antara 2 suku yang berurutan selalu tetap. Dan selisih antara 2 suku yang berurutan pada barisan aritmatika ini di sebut dengan beda ( b ). Dan rumus untuk menentukan beda pada suatu barisan di aritmatika yaitu seperti contoh di bawah ini.
b = Un – Un-1
beda nya adalah ( b ), suku ke – n nya adalah ( Un  dan Un-1 )
lalu suku ke – n suatu barisan di aritmatika dapat di tentukan dengan sebuah rumus. Dan rumus nya di gambarkan seperti contoh di bawah ini.

Rumus Ke – n
Un = a + ( n – 1 ) b
Keterangan :
a = suku pertama                           b = beda
Un = suku ke – n                             n = bilangan bulat

Sahabat hitam juga pasi bingung kan juka kita harus menentukan suku tengah pada suatu barisan, karena di matematika soal bisa sangat beragam tergantung tingkat kesulitan. Berikut rumus aritmatika suku tengah.
Rumus Aritmatika Suku Tengah
Ut = 1/2  ( U1 + Un )
 Keterangan :
a ( U1 ) = suku pertama                            Ut = suku tengah
Un = suku ke – n                                         n = bilangan bulat

Mungkin sekian dulu pambahasan kali ini, karena jika terlalu banyak kita akan pusing sendiri. Kita lanjutkan lagi nateri ini di pembahasan selanjutnya. Makasih sahabat hitam sudah berkunjung demoga kita dapat bertemu di lain waktu bhayy.
Jangan lupa comment karena masukan dankritik kalian sangat berguna untuk perkembangan kita semua.

3 komentar